Selasa, 01 November 2011

Vocaloid (Karakter dan lagunya)

Beberapa bulan ini saya sedang terkena demam Vocaloid. Hahaha padahal Vocaloid sudah ada sejak lama, tapi kenapa saya baru tahu ya?

Vocaloid adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Perangkat ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003.

Sebenarnya saya sendiri belum lama mengenal Vocaloid. Waktu itu salah satu teman saya menyarankan beberapa lagu untuk didengar. Awalnya saya memang belum terbiasa dengan corak lagu yang terbilang cukup unik. Vocaloid memang dikemas berbeda dari musik-musik yang biasa saya dengar. Namun tetap saja asik didengar karena mempunyai ciri khas tersendiri.
Berikut ini adalah beberapa daftar penyanyi Vocaloid:
1.   Hatsune Miku
·         Magnet
·         Innocent
·         Rolling Girl
·         World Is Mine
·         Love Is War
·         Last Night, Good Night
·         Ievan Polka
2.   Hatsune Mikuo
·         Love And Joy
·         Can't I Even Dream
·         Blue Bird
3.   Kaito
·         Cantarella
·         Helt
4.   Megurine Luka
·         Just Be Friend
·         Secret
·         Double Lariat
·         No Logic
·         Tower
·         Toeto
6.    Zatsune Miku
·         Guard and Scythe
7.    Rin Kagamine 
·         Su-su-su-suki Daisuki 
·         Meltdown
8.   Len Kagamine
·         Butterfly On Your Right Shoulder 
·         Romeo & Cinderella
·         Trick And Treat

Ini hanyalah beberapa karakter & lagu dari Vocaloid. Selebihnya Anda bisa mencarinya di web search lain. Jujur saya sendiri lebih menyukai Megurine Luka, suaranya lembut dan terkesan lebih dewasa. Berbeda dengan Hatsune Miku yang memiliki suara yang lebih kekanakan hahaha. Toh favorit masing-masing memang berbeda ^^
Jika Anda belum puas silahkan beri komentar, saran dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar